Laman

Analisa dan Perancangan Berbasis Objek

Analisa dan Perancangan Berbasis Objek

Definisi Analisa :
Mempelajari domain permasalahan bisnis untuk merekomendasikan perbaikan
serta menentukan kebutuhan system untuk menyelesaikan permasalahan.

Definisi Perancangan :
Menentukan solusi teknis/computer-based dimana solusi ini berdasarkan kebutuhan system yang telah diidentifikasi pada proses analisis.

   Analisis berorientasi objek merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari objek yang sudah ada untuk mengetahui apakah mereka dapat digunakan kembali atau diadaptasi untuk pemakaian baru, atau menentukan satu objek baru atau yang dimodifikasi yang akan digabung dengan objek yang sudah ada ke dalam suatu aplikasi komputasi bisnis yang sangat berharga.

     Maksud dari berorientasi objek itu sendiri berarti bahwa kita mengorganisasi perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya. Analisis sistem berorientasi fokus pada pendefinisian struktur statis dan model sistem informasi yang dinamis. Contoh beberapa bahasa pemrograman yang berdaarkan pada pendekatan berorientasi objek, diantaranya Visual Basic, C++, Powerbuilder, Object Pascal (seperti di Delphi), Smalltalk, Java dan Unified Modeling Language (UML).

Beberapa konsep yang digunakan dalam Analisis dan Perancangan Sistem Berbasis Objek :
  1. Memahami domain permasalahan dan merumuskan solusinya dengan menggunakan pendekatan object (benda, konsep atau entitas).
  2. Memudahkan pemanfaatan ulang kode dan arsitektur
  3. Lebih mencerminkan dunia nyata (lebih tepat dalam menggambarkan entitas perusahaan, dekomposisi berdasarkan pembagian yang natural, lebih mudah untuk dipahami dan dirawat)
  4. Kestabilan (perubahan kecil dalam requiremenr tidak berarti perubahan yang signifikan dalam sistem yang sedang dikembangkan) lebih mudah disesuaikan dengan perubahan.

Sumber :
http://riyandari.blogspot.com/2011/11/perbedaan-pendekatan-perancangan-sistem.html
http://sirendi.blogspot.com/2012/06/perbedaan-analisa-dan-perancangan.html
http://issamerchmelys.wordpress.com/2012/03/14/analisa-desain-berorientasi-objek/
http://lytya-24.blogspot.com/2012/01/sistem-berorientasi-objek.html

Tidak ada komentar: