Laman

Uniknya Budaya Sunda

Beragam Budaya Sunda

Kebudayaan Sunda merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan
bagi bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Ternyata hampir semua orang Sunda beragama Islam. Hanya sebagian kecil yang tidak beragama Islam, diantaranya orang-orang Baduy yang tinggal di Banten. Tetapi ada juga yang beragama Katolik, Kristen, Hindu, Budha. Suku Sunda umumnya hidup bercocok tanam. Kebanyakan mereka tidak suka merantau atau hidup berpisah dengan orang-orang dekatnya.

Tanah Sunda (Priangan) dikenal memiliki aneka budaya yang unik dan menarik loh,
Jaipongan misalnya. Tari tradisional ini adalah salah satu seni budaya yang terkenal dari daerah Sunda. Jaipongan atau Tari Jaipong sebetulnya merupakan tarian yang sudah modern karena merupakan modifikasi dari tari tradisional khas Sunda yaitu Ketuk Tilu. Tari Jaipong ini dibawakan dengan iringan musik yang khas pula, yaitu Degung. Musik ini merupakan kumpulan beragam alat musik seperti Kendang, Go'ong, Saron, Kacapi, dsb. Ciri khas dari Tari Jaipong ini adalah musiknya yang menghentak, dimana alat musik kendang terdengar
paling menonjol selama tarian berlangsung. Tarian ini biasanya dibawakan oleh seorang, berpasangan atau berkelompok. Sebagai tarian yang menarik, Jaipong sering dipentaskan pada acara-acara hiburan atau pesta pernikahan.

Selain seni tari, Sunda juga terkenal dengan seni suaranya. Dalam memainkan
Degung biasanya ada seorang penyanyi yang membawakan lagu-lagu Sunda dengan nada dan alunan yang khas. Penyanyi ini biasanya seorang wanita yang dinamakan Sinden. Tidak sembarangan orang dapat menyanyikan lagu yang dibawakan Sinden karena nada dan alunannya cukup sulit untuk dipelajari. Selain itu, Sunda terkenal dengan kesenian Wayang Golek-nya. Wayang Golek adalah pementasan sandiwara boneka yang terbuat dari kayu dan dimainkan oleh seorang dalang. Sama juga seperti Jaipong, pementasan Wayang Golek diiringi musik Degung dan juga ada Sindennya. Wayang Golek biasanya dipentaskan pada acara hiburan dan pesta pernikahan atau acara lainnya. Dan yang uniknya, biasanya pementasan Wayang Golek diadakan saat malam hari, malahan sampai semalam suntuk. Cerita yang dibawakan biasanya tentang pergulatan antara tokoh baik melawan tokoh jahat. Ceritanya pun banyak diilhami dari budaya Hindu, seperti Ramayana atau Perang Baratayudha.

Unik-unik sekali ya budaya Sunda. Sebenarnya masih banyak lagi beragam budaya Sunda yang ada. Mudah-mudahan budaya Sunda ini tetap eksis di negara kita. Jangan sampai terkikis oleh budaya modern. Kalau budaya Sunda ini bisa terus dipertahankan, bangsa kita akan semakin dikenal dengan kekayaan budayanya yang khas dan beragam.

Tidak ada komentar: