Laman

Komunikasi Dalam Organisasi

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Komunikasi itu penting. Menurut saya begitu. Dengan berkomunikasi kita dapat bertukar pikiran, membicarakan banyak hal, dan berbagi informasi antara satu dengan lainnya. Itu definisi berkomunikasi menurut saya. Saya rasa para ahli ilmu komunikasi pun punya definisi yang serupa.

Komunikasi bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan juga oleh siapa saja. Komunikasi itu kebutuhan alami setiap orang. Komunikasi biasa dilakukan dengan berinteraksi melalui berbagai media. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi diperlukan karena selain dapat memberi dan memperoleh informasi, dengan berkomunikasi juga setiap orang akan mempererat hubungan dengan sesamanya. Dengan kecocokan dari komunikasi yang terjalin akan tercipta suasana mendukung yang terarah pada tujuan yang sama. Oleh karena itu, komunikasi melibatkan orang terhadap adanya suatu organisasi.

Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai organisasi, hal yang paling kita ingat dari definisi tentang organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah yang mempunyai tujuan yang sama. Dengan melihat definisi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa untuk mengarahkan sekelompok orang tersebut dalam mewujudkan tujuan mereka, perlu adanya komunikasi yang berjalan baik. Misalnya dengan mengadakan rapat, musyawarah untuk mencapai kesepakatan, dsb.

Di dalam suatu organisasi, jika komunikasinya berjalan dengan baik tentu akan lebih mudah dalam pencapaian tujuan mereka. Untuk itu diperlukan kenyamanan antar anggotanya dalam berkomunikasi. Media berkomunikasi kini sangat beragam, mulai dari yang secara langsung maupun menggunakan alat komunikasi berteknologi canggih. Semua bentuk komunikasi yang ada di dalam suatu organisasi sangat berperan pada aktifitas organisasi tersebut sehingga dapat mempengaruhi lingkungan di dalamnya.

Maka dari itu, adanya komunikasi di dalam suatu organisasi sangatlah penting karena merupakan pendukung aktivitas dari suatu organisasi. Tanpa disadari atau tidak, komunikasi akan terjadi begitu saja karena memang itulah inti berorganisasi, yaitu saling berkomunikasi untuk menyelesaikan sesuatu demi tercapainya tujuan bersama.


Tidak ada komentar: