Laman

PMS

Pre Menstruasi Syndrome (PMS)

PMS merupakan perubahan emosi yang terjadi pada wanita yang akan mengalami menstruasi. Biasanya sih muncul sekitar 1 atau 2 minggu sebelum menstruasi dimulai. Perubahan emosi yang terjadi bisa bermacam-macam, mulai dari moody, gampang nangis, kesel sama orang, dll. Bahkan, bisa juga kelihatan dari perubahan fisik, misalnya kram, payudara terasa sakit, nafsu makan bertambah, dll. Kita akan mengalami kram pada saat sebelum atau malah pada saat menstruasi berlangsung. Biasanya kita akan merasa kram pada bagian perut dan juga pinggul. Malahan bisa juga sakitnya terasa sampai paha juga pinggang. Bagi yang sudah pernah merasakan pasti tahu rasanya kayak apa.

Kenapa bisa terjadi kram ya? Ternyata kram itu terjadi karena rahim kita melakukan gerakan meremas untuk melepaskan jaringan otot dan darah yang menyebabkan menstruasi. Kalau menurut bahasa biologinya sih bisa terjadinya proses meremas itu karena ada hormon progesteron dan beberapa zat kimia lainnya yang dilepaskan setelah ovulasi. Kalau kalian sudah pernah mempelajari bab reproduksi pada mata pelajaran biologi, pasti lumayan paham dengan istilah ini.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi atau bahkan mencegah gejala PMS :

1.    Olahraga ringan kurang lebih 30 menit setiap hari.
2.    Jangan mengonsumsi kafein atau makanan yang mengandung kadar garam tinggi.
3.    Konsumsilah beberapa vitamin tertentu yang bisa membantu, misalnya vitamin E.
4.    Pada saat makan malam, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, rendah protein, rendah lemak, dan usahakan untuk menghindari daging merah, makanan berminyak, protein hewani dan lemak jenuh.
5.    Konsumsilah asam lemak omega-3 seperti minyak ikan. Hal ini bisa mengurangi kram, moody, dan payudara yang sensitif.
6.    Memakai bra yang sesuai dengan keadaan payudaramu ketika PMS, misalnya sport bra yang bisa mengatasi pembengkakan payudara.
7.    Luangkan waktu untuk bersantai, misalnya mendengarkan musik. Dan yang pasti, harus banyak minum air putih.


Sumber : Buku Girlology

Tidak ada komentar: