Laman

Penyesalan

JANGAN TAKUT MENYESAL

Kenapa ada kata ‘penyesalan’? Karena dari situ kita dapat mempelajari apa yang sebaiknya kita lakukan setelah melakukan kesalahan. Namanya juga menyesal, pasti tidak terduga kalau apa yang telah kita lakukan itu adalah hal yang salah. Bisa karena memang  tidak sengaja atau bisa juga karena memang tahu itu salah tapi tidak memikirkan konsekuensinya. Akhirnya di akhir permasalahan hanya ada kata MENYESAL.

Jangan malu untuk berkata menyesal, karena dengan menyesali perbuatan salah kita, secara tidak langsung kita mencoba untuk memperbaiki keadaan agar tidak berdampak lebih negatif lagi. Memang sih mungkin tidak akan ada perubahan yang sangat mencolok. Tapi, dengan menyesal dan meminta maaf kita akan mendapatkan kepuasan hati tersendiri meski dari segi manapun kita tetap bersalah.

Keadaan yang sudah terjadi tidak dapat kita ulang kembali, ya itu memang benar. Jadi, penyesalan tidak ada gunanya kan? Belum tentu. Seperti yang saya bilang, menyesal itu bisa membuat hati kita lebih merasa tenang. Dengan kondisi yang tenang, kita dapat berpikir positif dan memotifasi diri sendiri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Keyakinan yang kita ciptakan dalam hati akan terus berkembang sehingga menimbulkan kebiasaan untuk tidak melakukan kesalahan yang pernah terjadi. Dari sinilah kita tahu bahwa menyesal itu ada juga manfaatnya.

Tidak ada komentar: