Laman

Kampusku

PADATNYA GUNADARMA

Tahun ajaran 2010 jumlah mahasiswa Gunadarma mengalami peningkatkan yang cukup ‘wah’. Kampus ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang menurut saya memang terlihat cukup istimewa. Berbagai macam pilihan fakultas ada disini. Tentunya yang paling menonjol adalah fakultas yang bergerak pada bidang komputer dan teknologi informasi. Sudah menjadi ciri khas tersediri bahwa Gunadarma memiliki keunggulan dalam bidang IT-nya. Terlihat dari banyaknya peminat yang memilih jurusan ini.

Kualitas yang dimiliki Gunadarma, khususnya di bidang IT memang memiliki keunggulan. Mulai dari berbagai fasilitasnya yang berstandar teknologi komputer, link kerja, berbagai aktfitas seminar, workshop dan juga lomba-lomba karya ilmiah yang berhubungan dengan teknologi. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki Gunadarma pada bidang ini, sangatlah wajar kalau peminatnya semakin melimpah.

Melimpahnya jumlah mahasiswa baru yang masuk Gunadarma memiliki dampak positif dan negatif baik bagi para mahasiswanya maupun lingkungan Gunadarma ini sendiri.
Dampak positifnya, dengan banyaknya jumlah mahasiswa Gunadarma pada tahun ajaran 2010 ini akan semakin banyak pula talenta-talenta yang akan dihasilkan oleh mahasiswanya dalam bentuk karya-karya yang bermanfaat untuk dipublikasikan, sehingga akan meningkatkan kualitas Gundarma dari segi mutu pendidikannya. Walaupun hal tersebut tidak menjamin, tentunya dengan jumlah yang melimpah ini akan meningkatkan persaingan keahlian dari masing-masing individu dalam bersaing untuk menciptakan karya ilmiah yang semakin bermutu.

Dampak negatif dari peningkatan jumlah mahasiswa ini dapat dirasakan oleh berbagai pihak terkait baik di dalam maupun di luar lingkungan Gunadarma, misalnya :

-    Dari segi operasional :

1.    Lahan parkir harus diperluas karena meningkatnya jumlah mahasiswa yang membawa kendaraan pribadi.
2.    Tempat ibadah (masjid) menjadi lebih padat sehingga membuat para pengunjung kurang nyaman.
3.    Kemacetan lalu lintas saat jam pulang kuliah membuat masyarakat sekitar kampus merasa kurang nyaman.

-    Dari segi kurikulum :

1.    Jadwal praktikum menjadi lebih sulit diatur karena jumlah kelas yang meningkat.


Contoh-contoh diatas merupakan sebagian kecil dampak negatif yang saya rasakan akibat peningkatan jumlah mahasiswa Gunadarma ini. Namun, dari yang saya lihat sebenarnya Gunadarma sudah cukup mengerahkan usahanya semaksimal mungkin untuk memberikan fasilitas terbaik kepada seluruh mahasiswanya. Penambahan jumlah AC disetiap kelas sudah saya rasakan manfaatnya. Walaupun terlihat sepele, namun fasilitas tersebut sudah cukup memberikan kenyamanan pada kami sebagai mahasiswa.

Harapan saya, semoga untuk tahun-tahun selanjutnya fasilitas yang diberikan Gunadarma jauh lebih baik lagi dari yang sudah ada saat ini. Sehingga bisa terus meningkatkan minat-minat seluruh lapisan masyarakat untuk berkembang di dalam lingkungan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia ini.

2 komentar:

Yiska D Luffy mengatakan...

like this.. ^^

Lucksy mengatakan...

Makasih yiskaaa ^,^