Laman

CUPLIKAN 2

 DEKLARASI KEMANUSIAAN

Berikut ini ada sebuah cuplikan dari seorang remaja yang membahas mengenai Deklarasi Kemanusiaan yang sepantasnya dimiliki para remaja di seluruh dunia. Semoga bermanfaat yaa..

DEKLARASI KEMANUSIAAN


Dengan ini aku menyatakan bahwa aku adalah manusia.
Aku adalah manusia yang bisa merasakan kebahagiaan dan tawa, juga bisa merasa sedih dan meneteskan air mata. Aku adalah manusia yang memiliki kebuutuhan untuk mencintai dan membantu sesama, juga merasa butuh dicintai dan ditolong oleh sesama. Aku adalah manusia yang mempunyai mimpi-mimpi dan prestasi, tapi terutama aku adalah manusia yang memiliki kekurangan-kekurangan dan bisa melakukan kesalahan-kesalahan.
Sebagai manusia, aku berhak atas hal-hal berikut ini :
  1. Aku berhak untuk tidak sempurna.
  2. Aku berhak untuk membuat banyak kesalahan (kadang-kadang kesalahan besar)
  3. Aku berhak belajar dari kesalahan-kesalahanku, dan kemudian melanjutkan hidupku.
  4. Aku berhak untuk memaafkan diriku sendiri.
  5. Aku berhak untuk merasakan apa yang kurasakan.
  6. Aku berhak untuk tertawa sampai keluar air mata, dan menangis sampai kesedihanku sirna.
  7. Aku berhak untuk menjalani hidup sesuai pilihanku.
  8. Aku berhak untuk mendapatkan kebahagiaan.
  9. Aku berhak untuk memiliki kepercayaan-kepercayaan sendiri.
  10. Aku berhak untuk memiliki teman sejati dan cinta sejati.
  11. Aku berhak untuk dicintai oleh orang-orang lain.
  12. Aku berhak untuk dicintai oleh diriku sendiri.
Cuplikan diatas bisa menjadi penyemangat untuk para remaja karena kita mempunyai hak-hak yang bisa kita buat sendiri selama tidak merugikan orang lain. Jadi harus tetap selektif ya dalam menentukan hak dan kewajiban kita sebagai remaja.


Tidak ada komentar: