Laman

STAR UML dan DFD

        STAR UML dan DFD

              StarUML adalah software permodelan yang mendukung UML (Unified Modeling Language). StarUML menyediakan secara sederhana dan kuat arsitektur plug-in sehingga siapapun dapat mengembangkan plug-in modul dalam bahasa COM-kompatibel (C + +, Delphi, C #, VB, dll). UML sendiri merupakan bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak UML yang tidak berdasarkan pada bahasa pemrograman tertentu. Pada intinya UML mendeskripsikan OOP (Object Oriented Programming) dengan beberapa diagram, diantaranya :

       Diagram struktur yang terdiri dari :

  1. Diagram kelas
  2. Diagram obyek
  3. Diagram komponen 
  4. Diagram deployment


       Diagram perilaku yang tediri dari :

  1. Diagram use-case
  2. Diagram sequence
  3. Diagram kolaborasi
  4. Diagram statechart
  5. Diagram aktivitas

Beberapa kelebihan UML :
-          Ringan
-          Open source
-          Simbol-simbol mudah dimengerti

Perbedaan UML dan DFD

        Perbedaan mendasar antara UML dan DFD adalah jika UML berorientasi pada objek (OOP) sementara DFD berorientasi pada prosesnya. Perbedaan utama antara UML dengan DFD yaitu, jika DFD yang digambarkan adalah proses – proses yang terjadi didalam suatu system, sedangkan UML itu menggambarkan bagaimana hubungan antar objek – objek yang menyusun suatu system.

Lebih detailnya :


        DFD merupakan metode analisis sistem informasi sebelum UML yang masih menerapkan analisis secara terstruktur. DFD merupakan representasi grafis alirab data. Dimana DFD lebih menitik beratkan pada bagaimana data itu berjalan dari satu entity ke entity berikutnya. DFD biasa digunakan untuk mempresentasikan sistem kepada orang-orang yang mengerti tata cara pemrograman (programmer, dll).

Sedangkan UML :
        UML merupakan metode analisis yang lebih baru dari DFD dan menurut sebagian orang lebih efektif karena UML bersifat Object Oriented Analysis. UML lebih menitik beratkan analisis pada sisi pengguna atau actor/orang – orang di luar sistem yang terlibat dengan sistem. UML biasa digunakan untuk mempresentasikan sistem kepada orang-orang yang tidak mengerti tata-cara pemrograman.
Sumber :
http://rezutopia.wordpress.com/2009/03/03/uml-vs-dfd/
http://dwizeru.wordpress.com/2012/04/25/tentang-staruml/
http://saharione.blogspot.com/2012/04/analisis-dan-perancangan-sistem.html
http://www.ione.web.id/2009/01/tools-pemodelan-berorientasi-objek-open-source

1 komentar:

choco's is mooviie mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai star UML, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4142/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
semoga bermanfaat yaa :)