Minggu, 01 April 2012

TIPE JARINGAN

TIPE JARINGAN

       Jaringan memiliki tipe atau jenis yang beragam. Keberagaman jaringan tersebut diklasifikasikan berdasarkan faktor-faktor tertentu. Berikut ini merupakan jenis-jenis jaringan dan klasifikasinya.

A. Berdasarkan jarak & area kerjanya, dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu :
1) Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumber daya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2) Metropolitan Area Network (MAN)
Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Perbedaan dengan LAN adalah MAN memiliki jarak yang lebih luas, yaitu sekitar 10-50 Km.

3) Wide Area Network (WAN)
Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. Ini sama dengan Internet.

B. Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1) Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi  /Data

Jaringan Terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi / data yang berasal dari satu komputer server.

Jaringan Terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2) Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jaringan LAN
Merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, dan sebagainya.

Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler.

Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia termasuk dalam koneksi ke internet.

3) Berdasarkan Peran & Hubungan Tiap Komputer Dalam Memproses Data

Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

Jaringan Peer-To-Peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4) Berdasarkan Media Transmisi Data

Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Referensi :

Modul Jaringan Dasar - Rizky Meyansyah Johan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar