Laman

Sekilas Tentang LABTI Gunadarma

LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA



       Universitas Gunadarma merupakan salah satu kampus yang mengedepankan kebutuhan Teknologi Informasi bagi para mahasiswanya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai macam laboratorium yang disediakan. Misalnya saja Laboratorium Teknik Informatika atau yang biasa disebut dengan nama Lab TI. Lab TI terdiri dari 3 golongan, yaitu Lab TI Dasar, Lab TI Menengah, dan Lab TI Lanjut. Masing-masing memiliki aktifitas yang berbeda dalam kegiatan praktikumnya. Hal tersebut dikaitkan terhadap jenjang kelas dari para praktikan. Itu disebabkan masing-masing Lab TI memiliki pembahsan materi yang berbeda.

       Lab TI merupakan laboratorium penunjang kegiatan mahasiswa khususnya dalam bidang Teknik Informatika. Lab TI terdiri dari beberapa bagian, mulai dari Ketua Asisten yang bertugas bertanggung jawab terhadap aktifitas di dalamnya, kemudian Asisten Lab yang bertugas membimbing para praktikan dalam menjalani praktikum, serta para praktikan yang bertugas mempelajari semua tutorial yang diberikan agar dapat mengasah keterampilan mereka dalam bidang TI sesuai dengan jurusan masing-masing.

        Di dalam pelaksanaan praktikum, terdapat beberapa macam aktifitas dasar yang harus diikuti oleh para praktikan. Aktifitas dasar tersebut terdiri dari : TP, LP, K, dan LA. TP (Tes Pendahuluan) merupakan aktifitas yang paling pertama dikerjakan oleh para praktikan. Pada awal pertemuan, mereka akan memperoleh beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebelum memulai praktikum. LP (Laporan Pendahuluan) merupakan laporan yang harus dibuat oleh praktikan mengenai materi yang selanjutnya akan dibahas dan harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. K (Keterampilan) merupakan kegiatan praktek dalam mengaplikasikan materi yang dibahas pada media computer. LA (Laporan Akhir) merupakan laporan yang harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya yang berisi mengenai materi yang telah dipelajari pada aktifitas Keterampilan.

       Berbagai macam aktifitas dasar tersebut tentunya memiliki tujuan. Dari setiap aktifitas akan diperoleh nilai bagi para praktikan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pada akhir pertemuan akan dilakukan Ujian untuk mengetahui hasil final yang diperoleh dari masing-masing praktikan untuk mengetahui seberapa dalam mereka memahami semua tutorial yang diberikan selama kegiatan praktikum dilakukan. Tentunya penilaian tersebut tidak lepas dari penilaian harian dari semua aktifitas dasar yang telah dilakukan. Dengan adanya kegiatan dalam Lab TI mahasiswa akan terbiasa meneyelesaikan persoalan dalam bidang IT baik secara teori maupun praktek secara langsung.

Tidak ada komentar: