Laman

ACARA DONOR DARAH

DONOR DARAH MASSAL

Suatu hari saya berkunjung ke DETOS (Depok Town Square). Ternyata ada sebuah acara yang sedang diselenggarakan didalam mall. Sebelumnya saya memang sempat mendengar kabar dari teman saya bahwa akan diadakan acara donor darah di DETOS. Waw, ternyata benar. Saya melihat beberapa orang sedang tiduran di matras dan darahnya sedang diambil. Hii, agak menegangkan melihatnya. Biasanya saya hanya melihat kegiatan tersebut di dalam klinik ataupun rumah sakit. Baru kali ini saya melihat kegiatan donor darah massal secara langsung.

Para pendonornya merupakan orang dewasa yang berusia diatas 17 tahun. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendonorkan darahnya. Antara lain, harus berusia min.17 tahun, tidak mempunyai penyakit berisiko, untuk wanita harus dalam keadaan sedang tidak haid. Para pendonor berasal dari masyarakat umum, bukan dari kalangan atau organisasi tertentu. Pembawa acara dalam kegiatan ini mengajak para pengunjung DETOS yang berminat untuk mendonorkan darahnya. Dan ternyata mereka memang cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mendaftarkan diri kepada panitia kemudian duduk sesuai antrian untuk menunggu giliran diambil darahnya.

Acara ini berlangsung hingga sore hari. Meskipun acara hampir habis waktunya, para pendonor masih saja banyak yang mengantri. Ternyata masyarakat Depok jiwa sosialnya cukup mengesankan. Dalam kegiatan ini biasanya orang masih sedikit ragu-ragu. Mungkin ada yang takut darah, ada yang takut suntikan, dsb. Sebenarnya saya juga ingin mencoba, tapi masih ragu, lagipula saya sedang datang bulan, mungkin lain kali bisa, hehe.

Tidak ada komentar: