Laman

Seminar Techno Update

OVERCLOCKING WOOOW

Sabtu, 30 Oktober 2010, Kampus Gunadarma Depok.

Hari sabtu engga ada kuliah enaknya sih tidur di rumah. Tapi, berhubung Gunadarma mengadakan seminar tentang Techno Update, pagi-pagi saya bergegas ke kampus deh buat ikut seminar. Mumpung gratis seminarnya, sepaham sama jurusan kuliah lagi, hehehe. Sesampainya di gedung 3 lantai 4, buseeeet rame banget yang antri, ternyata emang belum mulai acaranya, jadi harus penuh perjuangan nih masuknya, ckckck.

Akhirnya, setelah berhasil masuk ke dalam ruangan ber-ac tempat berlangsungnya seminar tersebut, saya beserta teman-teman yang lain mulai menikmati materi demi materi yang disampaikan oleh para pembicara. Dari sekian macam materi yang disampaikan ada satu materi yang sangat berkesan bagi saya, yaitu pembahasan mengenai OVERCLOCKING!

APA SIH OVERCLOCKING ??

Overclocking itu merupakan proses peningkatan kemampuan PC agar dapat berjalan diatas rata-rata dari kemampuan yang ada pada PC itu sendiri. Waw, dengan kata lain kita dapat merubah PC yang kita gunakan bisa lebih ekstra lagi kemampuannya, spec yang dikasih dari produsen mungkin emang dikasih ala kadarnya sesuai budget yang kita punya, tapi cukup dengan modal meng-overclock PC, kita sudah mendapatkan hasil yang maksimal untuk PC kita.

APA AJA YANG HARUS DI OVERCLOCK ??

Di dalam PC, ada beberapa komponen yang perlu kita overclock agar menghasilkan kinerja yang maksimal. Komponen tersebut adalah :

  • Processor, merupakan pengontrol dari keseluruhan jalannya suatu sistem komputer. Processor sangat berperan penting bagi komputer karena memang merupakan otak dari seluruh kehiatan yang dilakukan. Dari kegunaanya saja kita sudah bisa tahu betapa pentingnya komponen ini, maka dari itu untuk mengubah spec dari PC yang kita inginkan, komponen ini merupakan yang paling utama untuk di overclock.
  • Motherboard, merupakan komponen terpenting dalam CPU. Kalau mau lihat bentuknya kayak apa, buka aja casing dari CPU nanti bisa dilihat deh bentuknya kayak apa. Kalau di artikan ke dalam bahasa Indonesia sih motherboard bisa diartikan sebagai papan utama. Dimana, papan ini berfungsi untuk menyebar aliran listrik ke semua komponen di sekitar CPU.
  • Kartu Grafis, merupakan kartu yang berfungsi untuk menciptakan dan juga untuk menampilkan berbagai macam tampilan di layar komputer kita. Nah, kalau kartu grafis ini adanya di motherboard, jadi intinya sama-sama ada di CPU.
  • Memory, merupakan komponen komputer yang penting juga selain komponen-komponen yang diatas. Disini, semua aktifitas yang dilakukan oleh PC tersimpan dalam ruang-ruang memori yang terbagi menjadi beberapa bagian, intinya sih di memory juga.
CARA MENG-OVERCLOCK !!

Melalui Basic Input Output System atau biasa kita singkat BIOS. Di dalam BIOS terdapat komponen dasar yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam operasi untuk mendukung kegiatan OVERCLOCK. Diantaranya :
  • Program BIOS Setup, disini kita bisa mengkonfigurasi PC mulai dari hardisk, manajemen daya listrik, dll.
  • Driver, disini kita dapat mengkonfigurasi secara lebih spesifik pada komponen perangkat keras dasar seperti processor, perangkat input dsb.
  • Program Bootstraper Utama, disini komputer dapat melakukan proses booting pada sistem operasi yang terpasang.
KENDALA OVERCLOCKING !!

Meng-overclock mungkin bisa dengan mudah kita lakukan dengan mengikuti petunjuknya. Tapi ternyata ada berbagai macam kendala yang muncul. Beberapa kendalanya adalah sbb :
  • Mahalnya budget yang dikeluarkan untuk memperoleh alat instant dalam overclocking.
  • Mendapatkan kestabilan yang sempurna untuk menghasilkan kinerja yang baik.
  • Adanya kemungkinan gagal dalam proses overclocking tersebut.

Hmm, bisa disimpulkan overclocking itu susah-susah gampang. Perlu usaha ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal,. Dengan banyak belajar dan berlatih, kalau kita benar-benar niat untuk mencapainya, pasti BISA! Jangan takut untuk mencoba, tapi jangan terlalu OVER juga, nanti malah error, hahaha.

Waktu ikut seminar, kami sempat mengikuti workshop overclocking dengan menggunakan PC percobaan. Hasilnya cukup memuaskan, dengan ilmu yang ala kadarnya minimal kita-kita yang belum mahir jadi engga terlalu penasaran buat nyoba-nyoba overclocking.

Mudah-mudahan next time ada kesempatan buat belajar overclocking lagi. Seminar techno update kemarin sangat mengesankan. Sering-sering aja deh Gunadarma mengadakan acara seminar kayak gitu. Jadi semangat!

Tidak ada komentar: