Laman

Proses Pengambilan Keputusan

PENGAMBILAN KEPUTUSAN


            Dalam menyelesaikan masalah perlu adanya suatu keputusan. Karena pada intinya suatu kegiatan yang dikerjakan, yang dianalisis, yang dilihat pada akhirnya berujung pada keputusan. Setiap awal pasti ada akhir. Dari suatu persoalan akan ada sebuah kesimpulan yang pastinya berkaitan dengan keputusan untuk mencapai sesuatu.

             Khususnya dalam suatu organisasi setiap persoalan yang dimusyawarahkan intinya diharapkan suatu keputusan untuk mencapai kesepakatan bersama. Dalam proses penentuan keputusan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak konsekuensi yang harus dipertimbangkan. Misalnya dari segi a, b, c, d, dsb. Semuanya itu tergantung dari jenis persoalan yang dihadapi.

             Saya ambil contoh dari pengalaman pribadi saya. Saya pernah mendapat tugas dari seorang dosen untuk mengumpulkan tugas kelas dalam batas waktu tertentu. Teman-teman saya yang tugasnya sudah selesai otomatis langsung mengumpulkannya. Itupun hanya sebagian dari jumlah anak di kelas. Anak-anak yang lain meminta tolong pada saya agar jangan mengumpulkannya dulu. Mereka meminta sedikit waktu untuk diberi kesempatan mngerjakan tugas tersebut. Padahal batas waktu mengumpulkan tinggal sebentar lagi. Jelas aja waktu itu saya bingung harus bagaimana. Saya harus membuat keputusan apakah meninggalkan teman saya atau menunggunya menyelesaikan tugas. Kalau sampai saya melewati batas waktu yang ditentukan lalu ternyata tugas dianggap hangus, saya harus bertanggung jawab terhadap sebagian anak kelas yang menitipkan tugasnya pada saya. Itu merupakan keputusan yang sulit disertai dengan beban tanggung jawab yang harus saya tanggung.

             Keputusan yang diambil dalam keadaan terdesak terkadang ada yang berlangsung baik dan ada yang berakibat fatal. Maka dari itu, suatu proses pengambilan keputusan sangat bergantung pada kondisi, nilai keputusan, dan juga konsekuensi yang diperoleh. Semuanya sangat membingungkan, tapi sebagai manusia yang bijak dengan seiring waktu kondisi-kondisi seperti ini akan memberikan pengalaman-pengalaman tersendiri bagi yang merasakan. Sehingga jika dihadapkan dengan kondisi yang sama lagi, akan ada perubahan yang lebih baik untuk mendapatkan keputusan yang baik dan harus lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar: