Laman

Organisasi

Arti Penting, Ciri dan Unsur Organisasi

Apa sih Organisasi ?


         Menurut sumber terpercaya yaitu wikipedia.org , Organisasi merupakan sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya dijadikan sebagai wadah untuk menuangkan aspirasi setiap anggotanya secara lebih sistematis, terorganisir, terkendali dan dapat bermanfaat bagi semua orang, khususnya tujuan dari suatu organisasi tersebut.


Ciri-ciri Organisasi


Organisasi yang ada pada umumnya memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya organisasi yg bersifat materialistis maupun sosialis. Namun, apapun jenis latar belakang organisasi tersebut, pada hakikatnya suatu organisasi memiliki ciri umum yaitu sbb :

  • Terdapat sejumlah orang yang berpartisipasi
  • Terdapat visi dan misi yang sama
  • Tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan
  • Adanya pembagian wewenang maupun peran kerja pada masing-masing anggota
Ciri-ciri yang saya sebutkan diatas mungkin masih berupa ciri umum yang mencerminkan adanya suatu organisasi. Pada poin pertama terlihat jelas bahwa salah satu ciri organisasi adalah melibatkan banyak orang, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Pada poin kedua, dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dari perkumpulan sejumlah orang tersebut yaitu karena adanya tujuan yang sama. Pada poin ketiga, dijelaskan pula bahwa organisasi mempunyai struktur yang jelas sesuai dengan latar belakang organisasi yang mereka dirikan. Sedangkan pada poin keempat diperjelas kembali bahwa struktur yang berisi subsistem yang saling berkaitan tersebut mempunyai peranannya masing-masing sesuai bidangnya.


Kesimpulan

Berdasarkan ciri-ciri yang telah saya kembangkan diatas, hal-hal tersebut berkaitan pula dengan unsur-unsur dari organisasi tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa organisasi memiliki ciri dan unsur sbb :

  • Harus adanya wadah/tempat untuk bekerja sama
  • Harus ada ekelompok orang yang bekerja sama
  • Harus ada kejelasan terhadap tugas ataupun kedudukan pada masing-masing anggota, dan
  • Harus ada tujuan bersama yang akan dicapai
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

Tidak ada komentar: