Laman

Alinea-Alinea

  • SASTRA DAERAH SANGAT ERA HUBUNGANNYA DENGAN SASTRA NASIONAL
     Sastra daerah sangat erat hubungannya dengan sastra nasional. Hal tersebut dapat dilihat dari berkembang pesatnya suatu sastra dari tahun ke tahun. Sastra daerah menceminkan budaya suatu daerah yang mancakup ruang lingkup nasional. Suatu bangsa memiliki budaya yang khas untuk mencerminkan jati diri bangsanya sendiri. Salah satunya yang menjadi nilai lebih dari budaya bangsa adalah sastra. Baik berupa sastra daerah maupun sastra nasional.

  • ADANYA SESAMA MANUSIA DAN PRINSIP KEMANUSIAAN MEMBUAT KITA MELIHAT ASPEK FUNDAMENTAL LAIN, BAHWA MANUSIA ITU MAKHLUK SOSIAL
     Sejak jaman dahulu kala hingga sekarang ini, manusia tidak hidup sendirian di muka bumi. Selalu ada aktifitas yang melibatkan sekumpulan manusia unuk saling berinteraksi. Dalam kondisi-kondisi tertentu, adanya hubungan timbal balik antar manusia pasti terjadi. Dengan persamaan yang ada membuat manusia yang satu dengan lainnya untuk saling bergantung. Berbagai prinsip kemanusiaan yang ada pun membuat sesama manusia saling menghargai satu sama lain. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa manusia itu mahluk sosial.
  • SEBAGAI MANUSIA KITA PERLU BELAJAR DARI PENGALAMAN-PENGALAMAN ORANG LAIN
     Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain tidak bisa kita rasakan kepedihan ataupun kesenangannya. Namun, dengan melihat pengalaman orang lain kita dapat mengambil kesimpulan sebagai pedoman kita dalam menghadapi setiap masalah. Semuanya itu tak lepas dari keyakinan kita terhadap Tuhan bahwa masalah akan selesai atas kehendak-Nya. Untuk itu kita harus tetap berusaha dalam menghadapi setiap perjuangan yang kita hadapi.


  • CINTA KASIH YANG SEJATI MEMINTA KORBAN
     Dalam kehidupan percintaan, setiap orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Adanya pengorbanan, ketulusan, dan perjuangan merupakan bumbu-bumbu kehidupan percintaan yang tak asing bagi setiap pasangan. Dengan seiring berjalannya waktu, pengalaman dalam kehidupan percintaan mengajarkan setiap orang untuk berpikir dewasa dalam bertindak. Karena sesungguhnya manusia itu tidak hanya memiliki logika melainkan naluri juga. Jika kita harus memperjuangkan sebuah cinta yang sulit untuk digapai, perlu adanya sebuah pengorbanan. Yang dikorbankan bisi diri kita sendiri ataupun orang lain. Semua itu tergantung dari bagaimana seseorang memperjuangkan cintanya. Benar adanya bahwa cinta kasih yang sejati meminta korban.

  • TAMBAH PENDUDUK YANG MELEBIHI TAMBAHAN PRODUKSI DAPAT MENYEBABKAN TINGKAT KEMAKMURAN MENJADI BERKURANG
     Pertambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang. Hal tersebut dapat dilihat dari bersaingnya setiap orang dalam mencari lapangan pekerjaan yang semakin sulit. Jumlah lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang ada. Bila dilihat dari segi penyebabnya, dapat dikatakan bahwa ledakan penduduk yang semakin meningkat adalah faktor utama. Dengan berusaha mencegah terjadinya peningkatan yang lebih ekstrim lagi, dibutuhkan usaha pemerintah dalam mengatur kependudukan di negara kita ini.


Tidak ada komentar: